Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Jokowi Naikan Harga BBM Bersubsidi Sebesar Rp. 2,000 Per Liter

Selasa, 18 November 2014 0:06 WIB
Dibaca 775

Monexnews - Presiden Indonesia Joko Widodo menaikan harga bahan bakar untuk membebaskan dana untuk membangun pelabuhan dan program untuk rakyat miskin, dia memenuhi janjinya pada saat pemilu bahwa subsidi bahan bakar yang sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu yang telah membebani keuangan pemerintah akan dialokasikan ke sektor lain yang lebih produktif.

Jokowi pada hari ini mengatakan kepada wartawan bahwa harga bahan bakar bersubsidi premium akan dinaikan menjadi Rp. 8,500 per liter dari Rp.6,500 yang akan efektif mulai besok, sementara itu untuk solar akan dinaikan menjadi Rp. 7,500 per liter dari Rp. 5,500.

Jokowi, saat ini berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari laju paling lambat sejak tahun 2009 serta mengurangi tingkat kerapuhan Indonesia terhadap fluktuasi harga minyak internasional. Sekitar 276 triliun rupiah telah dialokasikan untuk anggaran subsidi bahan bakar di tahun 2015, itu sekitar 13,5% dari total belanja negara, impor minyak telah berkontribusi secara konstan terhadap defisit neraca berjalan.

Jokowi pada konfrensi pers hari ini dalam umumkan kenaikan harga bahan bakar bersubsidi mengatakan bahwa negara memerlukan anggaran untuk membangun infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, mudah-mudahan dengan mengalihkan subsidi ke sektor yang produktif akan membuka pintu untuk anggaran-anggaran yang akan menjadi lebih bermanfaat bagi rakyat indonesia.

World Bank dalam laporan bulan Maret mengatakan bahwa Indonesia telah mensubsidi bahan bakar sejak terjadinya goncangan harga minyak pertama kali di tahun 1970 dan mempertahankan harga untuk kurang dari $0.20 per liter sampai tahun 2005. Sebelum pengumuman hari ini, harga bensin premium sebelumnya telah dinaikan menjadi Rp. 6,500 di tahun 2013 dari Rp. 4,500.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar