Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

Juergen Stark: ECB Mungkin Harus Membantu Perancis Sebentar Lagi

Jumat, 26 Juli 2013 18:56 WIB
Dibaca 728

Monexnews - Krisis hutang zona euro akan kembali menghangat menjelang akhir musim gugur ini, ucap mantan kepala ekonom European Central Bank Juergen Stark pada harian Jerman Handelsblatt hari Jumat, memperingatkan bahwa kita sebentar lagi akan memasuki fase manajemen krisis yang baru. Setahun setelah presiden ECB Mario Draghi mengatakan akan melakukan “apapun” untuk mempertahankan euro, Stark mengatakan ia mencemaskan bahwa ECB mungkin harus membantu Perancis sebentar lagi dengan membeli obligasi pemerintahnya.

Stark mengatakan program pembelian obligasi diperkirakan akan dibutuhkan oleh negara dengan beban hutang besar seperti Italia dan Spanyol. “Namun tekanan akan meningkat agar pembelian obligasi dilakukan juga untuk Perancis," ucap Stark pada Handelsblatt. ECB bahkan mungkin akan terdesak untuk mengakitfkan program tersebut tanpa adanya syarat sebuah program reformasi fiskal yang ketat. Hal tersebut kontras dengan penekanan dari Draghi mengenai bahwa syarat pembelian obligasi.

Stark adalah tokoh penting pada ECB dan pengunduran dirinya pada tahun 2011, yang diisukan karena ketidaksetujuan mengenai pembelian obligasi pemerintah oleh ECB, mengejutkan banyak pelaku pasar. ECB mulai membeli obligasi pemerintah pada Mei 2010 setelah setuju untuk memberikan pinjaman darurat untuk Yunani. Stark mengakui bahwa pidato oleh Draghi di London telah menenangkan pasar keuangan. “Namun saya ragu ketenangan tersebut dapat berlangsung lama," ucapnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar