Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Kanselir Merkel: Haircut Yunani Tidak akan Terjadi

Rabu, 3 Juli 2013 14:30 WIB
Dibaca 571

Monexnews - Kanselir Jerman memastikan bahwa pemerintah Yunani telah sukses merapikan neraca keuangannya pasca krisis beberapa tahun lalu. Komentar Angela Merkel muncul pasca seruang Troika terhadap Yunani soal lambannya pemerintah Antonis Samaras melakukan efisiensi di sektor publik.

"Yunani mencatat kemajuan berarti berkat Antonis Samaras dan kolega, yang berhasil melaksanakan reformasi," demikian puji Merkel kepada media Sueddeutsche Zeitung. Sang kanselir juga berharap supaya keseimbangan anggaran tetap berlanjut sampai target ideal tercapai. Ketika ditanya apakah pemegang surat hutang Yunani akan dipaksa menerima kerugian dari kebangkrutan pemerintah (haircut), Merkel menjawab dengan tegas bahwa hal itu tidak akan terjadi. "Saya tidak melihat adanya potensi haircut lagi," tegasnya.

Seperti diketahui, pihak Troika (Bank Sentral Eropa, Dana Moneter Internasional dan Uni Eropa) kemarin telah memberi peringatan keras kepada pemerintah Yunani. Negara yang tengah terbelit krisis itu diminta menepati janjinya untuk memenuhi persyaratan dari bailout terdahulu.

Yunani mempunyai 3 hari untuk meyakinkan Troika bahwa pemerintahannya mampu menuntaskan segala kewajiban yang dibebankan pada klausul dana talangan sebelumnya. Kalau tidak, pihak Athena tidak akan diberi suntikan dana lanjutan senilai 8.1 miliar Euro atau setara $10.59 miliar sebagiamana kesepakatan yang telah ditandatangani kedua belah pihak. Seperti diketahui, Yunani gagal memenuhi poin persyaratan dalam hal reformasi sektor publik. Setelah resesi selama 6 tahun, pemerintah masih juga belum mampu menghemat anggaran dari pos badan usaha dan kelembagaan negara. Pihak Yunani kini dituntut dapat memaparkan alasan yang meyakinkan tentang berbagai kendala dan tantangan yang mereka hadapi di hadapan pada kreditur hari Jumat nanti. Apabila perwakilan pemerintah gagal memaparkan argumentasi yang valid, maka pinjaman berikutnya sebesar 8.1 miliar terancam dibekukan. Nilai tukar EUR/USD kini terpantau di level 1.29545.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar