Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Keamanan Lemah, Indonesia 'Rumah' Favorit Penjahat Cyber

Kamis, 17 Oktober 2013 11:03 WIB
Dibaca 488

Monexnews - Fakta mengejutkan dari ranah teknologi muncul pekan ini dari hasil penelitian Akamai Technologies. Indonesia menjadi negara dengan sumber serangan lalu lintas internet terbesar dunia, sekaligus menggeser posisi China. Aksi hacker global yang teridentifikasi, sebagian besar berlokasi di negara perekonomian terbesar Asia Tenggara.

Indonesia berkontribusi 38% dalam total serangan pada traffic internet dunia di kuartal II 2013. Rasio tersebut naik signifikan dibanding catatan awal tahun ini yang baru sebesar 21%. Sedangkan China, yang selama ini menjadi wilayah utama beraksinya para hacker, turun ke posisi dua dengan rasio global attack traffic sepertiga dari seluruh serangan internet dunia. Amerika Serikat menduduki peringkat ke-tiga dengan rasio serangan hanya 6.9%.

Untuk mengetahui pusat operasi cyber-attack memang tidak mudah karena seorang hacker bisa saja mengambilalih mesin 'korban'nya yang berlokasi di negara lain. Namun munculnya Indonesia sebagai pusat serangan cyber dunia sangatlah tidak biasa karena pada tahun lalu saja tingkat cyber-attack di negara ini hanya kurang dari 1%.

Akamai mengidentifikasi adanya pemicu trend kenaikan serangan internet di tahun 2013. Kecepatan rata-rata sambungan internet di Indonesia naik 125% di kuartal II dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Seiring trend penggunaan layanan broadband, maka makin rawan pula traffic internet suatu negara terkena serangan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu dalam menjalankan operasinya. Pemerintah Indonesia mengaku sudah mengetahui masalah ini. Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, bulan lalu menyatakan prioritas kementerian untuk melindungi sektor teknologi, khususnya dunia cyber, secara nasional. Ia kemudian menggelar forum Indonesia Information Security untuk berbagi opini dengan pihak lain terkait masalah kejahatan di internet. Tifatul kemungkinan akan menjadi sorotan pelaku IT internasional pekan depan, saat Internet Governance Forum digelar oleh PBB di Bali.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar