Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Kebijakan Belanja Pemerintah 2015: Tingkatkan Akses Pendidikan, Efisienkan Subsidi Energi

Selasa, 30 September 2014 14:38 WIB
Dibaca 441

Monexnews - Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat telah menyepakati anggaran belanja negara tahun 2015 sebesar Rp2.039,5 triliun. Angka ini lebih tinggi sekitar Rp19,6 triliun dibanding usulan pemerintah dalam Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015.

Menteri Keuangan M. Chatib Basri menjelaskan, alokasi belanja tersebut akan diarahkan sejalan dengan misi dan arah pembangunan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pemerintah juga telah menetapkan beberapa kebijakan penting terkait belanja negara pada tahun depan. “Beberapa kebijakan penting di bidang belanja negara tahun anggaran 2015 antara lain efisiensi anggaran subsidi energi yang didukung dengan kebijakan alokasi subsidi yang lebih tepat sasaran,” ungkap Menkeu dalam rapat paripurna pengesahan RUU APBN menjadi UU APBN.

Selain itu, pemerintah juga mendukung pencapaian sasaran pembangunan yang berkelanjutan. “Antara lain melalui dukungan pembangunan konektivitas nasional, percepatan penanggulangan kemiskinan, serta peningkatan daya saing yang berkelanjutan,” tambahnya.

Kebijakan ketiga, pemerintah akan meningkatkan dan memperluas akses pendidikan yang berkualitas serta meningkatkan kualitas pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), termasuk peningkatan kualitas dan efisiensi belanja.

Terakhir, pemerintah juga telah mengalokasikan dana desa pada tahun 2015 mendatang. “Alokasi dana desa di tahun 2015 untuk menjadi stimulus dalam mendorong percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara efisien, efektif, sejalan dengan prinsip-prinsip good governance,” ungkapnya.(wa)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar