Jumat, 31 Maret 2017

breaking-news GDP AS Q4 direvisi naik menjadi 2.1%, Klaim Penganguran turun menjadi 258K.

world-economy  World Economy

Kebijakan Devisa RI Menuai Pujian

Senin, 8 September 2014 13:25 WIB
Dibaca 616

Monexnews - Selama bulan Agustus 2014, jumlah cadangan devisa yang dikantongi oleh Bank Indonesia bertambah $700 juta sehingga totalnya menjadi $111.2 miliar. Padahal di bulan sebelumnya, foreign exchange reserves 'hanya' sebanyak $ 110,5 miliar. Kebijakan devisa otoritas dianggap sebagai strategi yang baik untuk membentengi sistem keuangan dalam negeri. 

Kenaikan jumlah cadangan devisa mencerminkan giatnya bank sentral untuk mengumpulkan Dollar. Dengan menambah stok Dollar, kemampuan Indonesia untuk melindungi diri dari volatilitas pasar akibat dinamika luar negeri. "Sikap bank sentral akan membatasi tekanan terhadap Rupiah meski arus dana masuk masih sangat besar," ujar Ahli Ekonomi DBS, Gundy Cahyadi, seperti dilansir Dow Jones Newswires. Seperti diketahui, Bank Indonesia semakin jarang menjual Dollar sejak paruh ke-dua 2013 dan membiarkan Rupiah melemah untuk membantu pos neraca transaksi berjalan.

Dalam pernyataan resminya akhir pekan lalu, Bank Indonesia menilai kenaikan cadangan devisa berdampak positif terhadap upaya penguatan fondasi kebijakan dari pengaruh eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. Menurut juru bicara bank sentral, Tirta Segara, posisi cadangan devisa per Agustus dapat membiayai 6.5 bulan impor dan pembayaran hutang luar negeri pemerintah.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar