Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Kebijakan Ekonomi Setiap Negara Diharapkan Sejalan dengan Dinamika Global

Jumat, 22 November 2013 11:13 WIB
Dibaca 569

Monexnews - Perlambatan ekonomi di hampir sebagian besar emerging market akan menghambat kecepatan pemulihan ekonomi di negara-negara maju. Kepala Ekonom Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD) Pier Carlo Padoan mengingatkan, agar tiap-tiap negara dapat memastikan kebijakan ekonomi mereka sejalan dengan dinamika perekonomian global. Setiap bentuk pelonggaran moneter harus dipertimbangkan dengan baik dan diterapkan dengan penuh kehati-hatian.

Hal tersebut dilatari oleh pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2013 dan tahun 2014, yang tercantum dalam Economic Outlook OECD terbaru yang diluncurkan pada 19 November 2013.

Penurunan perkiraan pertumbuhan ekonomi global sepanjang 2013 dan 2014 terjadi akibat munculnya kekhawatiran, terkait dampak kebijakan moneter Amerika Serikat bagi negara-negara berkembang. Pertumbuhan tahun ini saja diperkirakan sebesar 2,7 persen atau turun dari perkiraan 3,1 persen pada bulan Mei.

Strategi yang jelas dan kredibel diperlukan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan, sehingga sekotr keuangan publik dapat kembali pulih. Hal ini membutuhkan komitmen yang kuat dalam reformasi struktural baik di negara maju maupun negara berkembang. Organisasi ini juga memproyeksikan bahwa Jepang dan Zona Euro akan sedikit lebih baik dari yang diharapkan pada tahun ini dan tahun berikutnya, karena kebijakan stimulus moneter yang berhasil dipertahankan dan kondisi keuangan yang kian membaik. (ak)


Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar