Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Kejatuhan Harga Minyak Menghambat Inflasi Jepang

Jumat, 30 Januari 2015 7:20 WIB
Dibaca 545

Monexnews - Laju inflasi Jepang melambat pada bulan Desember ke level terendah dalam 1-1/2 tahun, sebagai dampak dari kejatuhan harga minyak dunia, berdasarkan data yang dirilis hari Jumat. 

Tingkat pertumbuhan tahunan indeks harga konsumen inti, yang tidak memperhitungkan harga pangan dan kenaikan pajak penjualan di awal tahun ini, melambat ke 0,5% pada bulan Desember dari 0,7% pada bulan sebelumnya. Angka tersebut merupakan yang paling lambat sejak Juni 2013, dan lebih rendah dibandingkan ekspektasi kenaikan 0,6%.

Data terbaru ini menjadi kabar buruk bagi pemerintahan PM Shinzo Abe yang tengah berupaya membangun inflasi stabil di Jepang, setelah lebih dari satu dekade menderita penurunan harga. Di lain sisi, angka itu sebenarnya juga belum tentu buruk bagi Abe mengingat penurunan lebih disebabkan oleh biaya energi yang lebih murah. Yang pada akhirnya diharapkan akan dapat memacu perekonomian dengan merangsang belanja dan investasi.

Sementara data lain yang dirilis pada saat bersamaan menunjukkan tingkat pengangguran di Jepang merosot ke level terendah dalam lebih dari 15 tahun, yang menandakan terjadinya perbaikan pasar tenaga kerja. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar