Minggu, 24 September 2017

world-economy  World Economy

Kejatuhan Inflasi Zona Euro Membuka Peluang Stimulus ECB

Kamis, 27 November 2014 20:27 WIB
Dibaca 696

Monexnews -

Kejatuhan inflasi harga konsumen di Spanyol dan Belgia, dikombinasi trend penurunan pada pinjaman perbankan untuk sector bisnis di seluruh kawasan zona Euro semakin memberikan tekanan bagi bank sentral Eropa (ECB) untuk segera mengimplementasikan kebijakan stimulus yang agresif.

Meski demikian masih ada beberapa sinyal yang sedikit meredam kecemasan kontraksi ekonomi zona Euro, seiring tingkat pengangguran Jerman yang makin membaik serta pemulihan tingkat keyakinan bisnis zona Euro.

Inflasi zona Euro secara keseluruhan sempat menurun ke 0.3% dari 0.4% pada bulan Oktober yang sekaligus merupakan penurunan inflasi untuk 14 bulan berturut-turut jauh dibawah target ECB 2%.

Kondisi inflasi yang sangat rendah dikombinasi pertumbuhan ekonomi yang lemah telah mendesak ECB untuk menerapkan program pembelian obligasi sebagai stimulus untuk mengurangi resiko kejatuhan zona Euro ke jurang deflasi. Deflasi biasanya dideskripsikan sebagai periode kejatuhan harga konsumen secara berkesinambungan sehingga menyulitkan debitur untuk membayar hutang, apalagi bagi ekonomi yang memiliki hutang cukup besar seperti Spanyol.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar