Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Kelompok G7 Boikot Penyelenggaraan KTT di Rusia

Senin, 3 Maret 2014 10:26 WIB
Dibaca 597

Monexnews - Grup negara perindustrian dunia atau biasa disebut dengan G7 pada hari Minggu (02/03) melontarkan kecaman terhadap Rusia atas keterlibatannya dalam konflik Ukraina. Tujuh negara dengan kapitalisasi ekonomi terbesar itu juga memboikot penyelenggaraan KTT G8 di Sochi, Rusia pada bulan Juni mendatang.

"Pemimpin negara Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat serta Presiden Dewan Eropa dan Presiden Komisi Eropa sepakat untuk mengecam pelanggaran Rusia atas kedaulatan Ukraina," demikian pernyataan resmi G7. Organisasi ini juga menyatakan tidak bersedia hadir pada KTT G8 di Rusia pada bulan Juni, sampai ada suatu sikap kerjasama dari negara 'beruang merah'.

G7 meminta Rusia untuk berdiskusi dengan Ukraina atau melibatkan negara-negara lainnya dalam waktu cepat. Hal ini diperlukan untuk mencari tahu apakah pemerintahan Vladimir Putin telah melanggar kedaulatan Ukraina dan melanggar hak azasi warganya pasca penempatan tentara militer di wilayah konflik.

Seperti diketahui, Presiden Putin pada hari Sabtu kemarin telah mendapat restu parlemen untuk menggunakan kekuatan militer guna melindungi warga Rusia di Ukraina. Kepada Presiden Barack Obama, Putin juga mengatakan dirinya berkepentingan untuk melindungi warganya dari ancaman kelompok anti-Rusia. Tentara Rusia telah dimobilisasi sejak beberapa jam terakhir ke wilayah Ukraina, di mana aksi ini memicu perang baru dengan pihak Amerika. Pihak Washington mengancam untuk melakukan embargo ekonomi kepada Rusia apabila Putin terus memaksakan intervensinya di tanah negeri tetangga.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar