Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Keluarkan Program Anti-bailout, Yunani Gugurkan Amanat Troika

Kamis, 29 Januari 2015 16:39 WIB
Dibaca 624

Monexnews - Pemerintah Yunani yang baru diperkirakan akan segera memulai friksinya dengan pihak Uni Eropa. Kebijakan yang baru diambil oleh koalisi partai Syriza dan Independent Greek memperkuat indikasi keluarnya negara ini dari komunitas Euro. 

Pasal-pasal bailout yang dibuat oleh pihak Troika (Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional) kemungkinan besar gugur setelah Partai Syriza mengumumkan kebijakan pertamanya yang bersifat pro-rakyat. Pemerintah berencana menarik lagi 10.000 orang ke lapangan kerja dan membatalkan privatisasi aset. Seorang menteri bahkan terang-terangan menyebut mandat Troika akan dihilangkan secara bertahap oleh kabinet yang baru. "Apabila memang itu yang terjadi, maka Yunani bisa kesulitan memenuhi dana operasional untuk tahun 2015 yang jumlahnya mencapai 20 miliar Euro," demikian menurut tim analis bank investasi Barclays hari ini.

Seperti diketahui, partai pemenang pemilu Yunani, Syriza, mencapai kesepakatan dengan partai Independent Greek untuk membentuk koalisi anti bailout. Pemerintah nantinya akan berjuang untuk meminta penghapusan sebagian hutang Yunani dan menghentikan implementasi langkah penghematan yang disyaratkan oleh IMF, ECB dan Uni Eropa. Barclays melihat hal ini sebagai sentimen terbesar yang bisa mengganggu strategi investasi pelaku pasar keuangan.  (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar