Senin, 29 Mei 2017

world-economy  World Economy

Kemunduran Ekonomi di Rusia Semakin Mengkhawatirkan

Senin, 1 Juni 2015 15:31 WIB
Dibaca 3609

Monexnews - Perekonomian Rusia semakin terpuruk dalam di paruh pertama tahun 2015. Menurut data resmi yang dirilis hari ini, pertumbuhan produk domestik bruto (GDP) Rusia minus 4,2% atau mengalami kontraksi di bulan April lalu. 

Penurunan ekonomi sampai 4,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu merupakan berita buruk bagi pemerintah Moskow. Mengingat angkanya jauh lebih parah dibandingkan data GDP bulan Maret yang hanya menunjukkan kontraksi sebesar 2,7%. Sementara jika diakumulasi selama 4 bulan pertama tahun ini, kinerja ekonomi minus sebesar 2,4%.

Ekonomi Rusia menghadapi banyak masalah selama beberapa bulan terakhir. Nyaris seluruh sektor tidak berkembang mulai dari manufaktur, pertambangan, konstruksi, ritel hingga tingkat pendapatan rumah tangga. Tidak hanya itu, arus penanaman modal dan ekspor migas juga merosot tajam akibat sanksi internasional dan konflik dengan negara tetangga, Ukraina.

Hasil data terbaru juga berseberangan dengan ramalan pemerintah pusat beberapa waktu sebelumnya. Pihak Moskow sempat sesumbar kalau perlambatan ekonomi sudah berakhir dan pelaku bisnis sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi terkini. Menteri Perekonomian Rusia meramalkan GDP nasionalnya menciut sebesar 2,8% di tahun 2015, namun akan mulai tumbuh lagi setidaknya pada level 2,3% per tahun mulai 2016 hingga 2018. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar