Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Kenaikan Biaya Energi Menopang Harga Konsumen AS

Kamis, 20 Februari 2014 21:29 WIB
Dibaca 579

Monexnews - Orang AS membayar sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan konsumen dan jasa pada bulan Januari, yang sebagian besar digunakan untuk rumah dan biaya listrik untuk pemanas selama musim dingin yang ekstrim. Namun secara keseluruhan tekanan inflasi di AS masih relatif lemah.

Indeks harga konsumen AS tumbuh 0,1% pada bulan Januari, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja hari Kamis. Angka tersebut sesuai dengan ekspektasi para ekonom.

Kenaikan 0,6% dalam harga energi dinilai telah memberikan kontribusi besar. Musim dingin yang diluar kebiasaan telah meningkatkan permintaan untuk energi. Lonjakan 1,8% pada harga listrik dan peningkatan 3,6% pada harga gas alam berhasil mengimbangi penurunan 1% pada harga bensin. Sedangkan harga pangan hampir tidak mengalami perubahan pada bulan lalu, dengan hanya naik 0,1%.

Sementara Core CPI, yang tidak memperhitungkan harga pangan dan energi yang volatile, dilaporkan naik 0,1%.

Harga konsumen AS telah meningkat sebesar 1,6% selama 12 bulan terakhir dan terus memperlihatkan kenaikan sejak menyentuh level terendah 1% pada bulan Oktober silam. Namun harga konsumen inti, yang dianggap lebih akurat menggambarkan tekanan inflasi, melambat ke level terendah sejak Juni tahun lalu menjadi 1,6%. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar