Selasa, 24 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

world-economy  World Economy

Inflasi Tahunan Indonesia Lebih Rendah dari Estimasi

Selasa, 1 Oktober 2013 10:51 WIB
Dibaca 642

Monexnews -  Badan Pusat Statistik Indonesia baru saja melepas laporan inflasi bulan September. Indeks Harga Konsumen atau CPI naik 8.4% dibandingkan periode yang sama tahun 2012 atau lebih rendah dibandingkan kenaikan bulan Agustus (8.8%). 

Inflasi tahunan September juga lebih kondusif dibandingkan estimasi analis beberapa saat sebelumnya (ekspektasi 9.0%). Secara bulanan, inflasi Indonesia adalah sebesar 0.35% atau sedikit lebih tinggi dibandingkan inflasi bulanan Agustus, yang sebesar 0.30%. Inflasi inti naik 4.72% dibandingkan September tahun 2012, dan lebih tinggi dibandingkan kenaikan bulan Agustus yang sebesar 4.48%.

Berbagai faktor mempengaruhi torehan angka inflasi di penghujung kuartal III. Lonjakan inflasi impor terjadi karena pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar yang sudah mencapai 16% sepanjang tahun ini. "Depresiasi double-digit Rupiah sejak bulan Mei memicu revisi naik pada harga-harga, walaupun beredar asumsi kalau beberapa komponen harga bergerak stabil di bulan September," urai Gundy Cahyadi, Ekonom DBS. Meski untuk saat ini inflasi tahunan cenderung mereda, kenaikan lanjutan dalam beberapa bulan ke depan akan memaksa bank Indonesia untuk kembali menaikkan suku bunga pasca kenaikan total sebanyak 150 basis poin sejak bulan Juni lalu.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar