Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Kenaikan Pajak Diprediksi Perburuk Industri Otomotif Jepang

Rabu, 29 Oktober 2014 13:27 WIB
Dibaca 735

Monexnews - Industri otomotif Jepang sudah lesu dalam beberapa bulan terakhir. Sayangnya kondisi bisa semakin buruk karena pemerintah bersiap menaikkan pajak penjualan satu tahun lagi.

Apabila pemerintah Tokyo benar-benar jadi menaikkan pajak penjualan dari 8% menjadi 10% pada bulan Oktober mendatang, maka penjualan mobil diperkirakan menurun ke kisaran 4,55 juta unit di tahun fiskal 2016 mendatang. Jumlah itu lebih rendah dibandingkan total mobil yang terjual pada tahun 2013 lalu, yang angkanya mencapai 5,69 juta. Prediksi tersebut diutarakan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri beberapa saat lalu.

Untuk jangka pendek (sampai dengan tahun fiskal berjalan yang usai 31 Maret 2015), penjualan diperkirakan turun menjadi 4,95 juta unit akibat efek kenaikan pajak konsumsi bulan April lalu. Perdana Menteri Shinzo Abe kemungkinan akan memberi kepastian soal rencana kenaikan pajak penjualan kepada publik bulan Desember mendatang. Apabila dirasa memberatkan, ada kemungkinan ia akan mengambil cara lain ketimbang menaikkan pajak penjualan tahun depan.

Perekonomian Jepang memang masih lesu walaupun pemerintahnya merilis sederet stimulus moneter sejak tahun lalu. Daya beli konsumen masih sangat rendah dan harga-harga tidak kunjung terkerek naik. Lemahnya daya belanja warga Jepang masih berlanjut sampai dengan kuartal III seperti tercermin dari penurunan angka penjualan kendaraan bermotor baik mobil, truk maupun bus sebanyak 0.5% pada bulan Agustus lalu dibandingkan volume penjualan di bulan Juli 2014. Berkurangnya transaksi konsumen di sektor otomotif merupakan yang ke-dua kalinya secara beruntun, melanjutkan penurunan yang terjadi di bulan Juli. Angka penjualan produk otomotif Jepang di dalam negeri adalah sebesar 206.606 unit atau lebih sedikit dibandingkan data bulan sebelumnya. 

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar