Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Kendalikan Inflasi, Pemerintah Gandeng Pemda

Kamis, 24 April 2014 12:05 WIB
Dibaca 389

Monexnews - Kesinambungan pengendalian inflasi di berbagai daerah merupakan kunci pengelolaan laju inflasi nasional. Oleh karenanya, peran Kelompok Kerja (Pokja) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) sangat diperlukan untuk mengontrol laju inflasi di daerah.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Hatta Rajasa, kerja sama dalam pengendalian inflasi di berbagai daerah akan sukses apabila pemerintah daerah (Pemda) terlibat aktif dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Kerja sama tersebut diyakini juga akan sukses apabila Pemda melaporkan berbagai hal yang berkaitan dengan inflasi, misalnya kondisi cuaca, kondisi panen dan distribusi panen. Apabila inflasi di daerah sudah terjaga, maka pemerintah pusat akan mudah dalam mengejar pertumbuhan ekonomi.

Ia menegaskan, pengendalian inflasi nasional merupakan komitmen pemerintah dalam menjaga tingkat konsumsi masyarakat. Hal ini penting karena konsumsi masyarakat merupakan salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup besar. Lebih lanjut ia mengungkapkan, dengan kerja sama dengan TPID ini, pemerintah optimistis laju inflasi akhir tahun ini dapat mencapai 5,5 persen, sesuai dengan target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014.

Ia menambahkan, selain menjaga inflasi, ada tiga hal penting yang juga menjadi agenda wajib pemerintah. Pertama, menjaga stabilisasi perekonomian dengan cara menurunkan defisit transaksi berjalan. Kedua, menjaga pertumbuhan ekonomi dengan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. Ketiga, menjaga pertumbuhan konsumsi masyarakat.(nic)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar