Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Kepercayaan Konsumen Australia Berada di Titik Nadir

Rabu, 12 Februari 2014 12:40 WIB
Dibaca 521

Monexnews - Tingkat kepercayaan warga Australia terhadap perekonomian domestik kembali melemah untuk bulan ke-tiga. Kekhawatiran warga negeri kangguru terhadap daya serap tenaga kerja semakin meningkat di bulan Februari 2014.

Indeks consumer sentiment yang dirilis oleh Westpac Banking Corp./Melbourne Institute anjlok 3% dibandingkan catatan bulan Januari lalu ke level 100.2 atau sedikit di atas level 100, yang mencerminkan optimisme konsumen. Consumer confidence Australia kini benar-benar berada di titik terendahnya sejak bulan Juli tahun lalu.

"Penurunan angka pada data ini sangat mengejutkan. Kami kira banyaknya berita negatif di sektor otomotif, pabrikan dan maskapai nasional membuat konsumen khawatir," ujar Kepala Ekonom Westpac, Bill Evans. Toyota Motor Corp. kemarin mengumumkan rencana penghentian produksi di Australia pada 2017 mendatang sehingga mengancam masa depan 2,500 tenaga kerja. Beberapa waktu sebelumnya, Ford Motor dan General Motors juga telah menyatakan niat serupa guna menghemat pengeluaran. Sedangkan di sektor transportasi, Qantas Airways Ltd dilaporkan memangkas 1,000 tenaga kerja untuk menutupi kerugian operasional.

The Reserve Bank of Australia bulan Agustus lalu sudah memotong suku bunga acuan ke rekor terendah 2.5%, sekaligus menandai penurunan bunga ke-delapan kalinya sejak tahun 2011. Otoritas melakukannya untuk menggenjot gairah perekonomian dan minat kredit kalangan pengusaha, namun sampai sekarang efeknya masih jauh dari harapan.

[Nilai tukar AUD/USD terpantau pada posisi 0.90555 pada sesi perdagangan Rabu (12/02)]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar