Rabu, 18 Januari 2017

world-economy World Economy

Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah dan Perekonomian Masih Tinggi

Senin, 25 November 2013 14:34 WIB
Dibaca 1451

Monexnews - Lembaga survey dari Amerika Serikat, Gallup, menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah masih tinggi. Lembaga ini membandingkan hasil survey tahun 2007 dengan tahun 2012 dengan mengukur seberapa percaya masyarakat terhadap pemerintah negaranya.

Menurut Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S. Brodjonegoro, nilai Indonesia pada 2012 meningkat jika dibandingkan tahun 2007. "Berarti yang bagus kalau 2007 di kiri 2012, karena kalau di kanan berarti semakin percaya. Ternyata Indonesia itu tinggi. Itu nomor dua setelah Swiss," katanya di Ciater, Sabtu (23/11).

Ia juga menyebutkan bahwa negara-negara seperti Cina, Jepang dan Korea Selatan memiliki nilai yang lebih kecil daripada Indonesia. "Yunani saja merahnya di kiri yang putih, artinya kepercayaan kepada pemerintahnya menurun. US hampir sama, Spanyol, Meksiko. Jadi sebenernanya ini cukup bagus," tambahnya.

Keadaan ini, menurutnya, dikarenakan posisi fiskal yang kuat dan posisi utang pemerintah yang rendah. Namun, ke depan, kebijakan ini akan terus diharmonisasikan juga dengan kebijakan moneter. "Tapi gak bisa fiskal saja, butuh moneter juga. Harmonisasi ini yang menjadikan perekonomian stabil," paparnya.

Sebagi informasi, selain survey oleh Gallup, lembaga-lembaga pemeringkat internasional juga memberikan hasil review yang positif terhadap Indonesia. Salah satu review terbaru adalah yang dikeluarkan oleh Fitch rating pada 15 November 2013, di mana Indonesia masih berada di posisi investment grade (BBB-) dengan outlook stable. (fin)


Sumber: publikasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar