Selasa, 12 Desember 2017

world-economy  World Economy

Ketidakpastian the Fed Lemahkan Sentimen Asia

Kamis, 5 Desember 2013 9:18 WIB
Dibaca 496

Monexnews - Lantai bursa saham Asia kembali memperpanjang pelemahannya di hari Kamis (05/12) setelah data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang kuat justru kian menambah ketidakpastian di kalangan investor terkait kapan Federal Reserve akan mengurangi program stimulus tersebut.

Sebuah laporan swasta atas tenaga kerja AS menunjukkan bahwa perekonomian AS berhasil menyerap 215.000 pekerja sepanjang bulan November, jauh di atas ekspektasi 173.000. Sedangkan angka penjualan rumah baru naik lebih dari 25 persen pada bulan Oktober.

Data-data yang muncul tersebut di kala menjelang laporan Non-farm Payrolls hari Jumat besok yang diekspektasi meningkat sebesar 180.000 tenaga kerja untuk November, menurun dari bulan Oktober di angka 204.000. Saat ini banyak pelaku pasar percaya bank sentral AS akan mulai mengurangi stimulus pembelian obligasi senilai US$ 85 miliar per bulan pada Maret tahun depan.

Namun seiring terus membaiknya situasi ekonomi maka dikhawatirkan pengurangan stimulus itu akan datang lebih awal. Sebelumnya pihak the Fed sudah memberi sinyal bawah stimulus akan dikurangi jika jumlah pengangguran di AS sudah menurun. Bulan lalu, ada tambahan 215.000 tenaga kerja baru di sektor swasta, dan angka itu lebih baik dari ekspektasi pasar.

Sementara sejumlah pertemuan bank sentral global hari ini menjadi fokus utama seiring Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank of England (BOE) hari ini akan memutuskan kebijakan moneter nya masing-masing. Menjelang keputusan hari ini, kurs euro nampak stabil di area $1,3585 per dolar. Sedangkan valuta yen terpantau lebih kuat di kisaran 102.22 terhadap USD dibanding penutupan sesi sebelumnya pada 102.34.(dar)

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar