Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Ketua IMF, Christine Lagarde Diduga Terlibat Pelanggaran Hukum

Kamis, 18 April 2013 21:26 WIB
Dibaca 608

Monexnews -

Ketua IMF Christine Lagarde telah dipanggil untuk menghadap hakim Prancis pada 23 Mei lalu untuk ditanyai mengenai pembayaran arbitrase bagi pendukung mantan Presiden Prancis Nicholas Sarkozy.

Berdasarkan laporan Mediapart di hari Kamis, Lagarde sebagai mantan Menteri Keuangan Prancis bisa ditempatkan dalam penyidikan formal. Namun Lagarde membantah bahwa dirinya telah melakukan hal yang melanggar hukum dalam penyelesaian perselisihan tersebut.

Sementara Hakim dari mahkamah agung yang menangani dugaan pelanggaran oleh para menteri pemerintah tersebut mencurigai Lagarde terlibat dalam penyalahgunaan dana publik sebagai menteri keuangan yang akhirnya memutuskan untuk menerima arbitrase sehingga negara harus membayar 285 juta Euro dari uang pembayar pajak untuk milarder Bernard Tapie.

Tentunya penyidikan resmi ini akan mengganggu pelaksanaan tugas secara efektif kepala IMF tersebut, setelah ketua IMF sebelumnya Dominique Strauss-Kahn terlibat tuduhan penyerangan seksual akhirnya mengundurkan diri untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan kasus tersebut.

Pengadilan berencana untuk memanggil ketua IMF tersebut pada saat bersamaan diadakannya rapat tahunan sekali dua tahun IMF dan World Bank, yang akan membahas perkembangan terbaru ekonomi dunia. Penyidikan ini sendiri telah berlangsung sejak tahun 2011 namun Lagarde belum pernah dipanggil untuk ditanyai, meskipun pihak berwenang sudah menggeledah apartemennya di Paris bulan lalu.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar