Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Kinerja Manufaktur Zona Euro Konsisten Melemah

Jumat, 1 Maret 2013 16:54 WIB
Dibaca 618

Monexnews - Aktivitas manufaktur di zona Euro melambat di bulan Februari, dalam laju yang sama dengan kinerja satu bulan sebelumnya. Data terbaru mencerminkan perekonomian zona Euro masih kesulitan untuk keluar dari resesi. 

Firma riset data, Markit, hari Jumat merilis poll bulanan (Februari) terhadap eksekutif perusahaan manufaktur yang angkanya muncul di 47.9. Jumlah digit di bawah 50 menggambarkan kontraksi atau perlambatan ekonomi, yang sudah berlangsung selama 19 bulan terakhir.

"Sektor manufaktur memang menjadi momok yang menyebabkan kemunduran GDP kawasan selama empat kuartal beruntun. Namun terlihat kalau trend penurunan tidak lagi separah bulan-bulan sebelumnya," ujar Chris Williamson, chief economist Markit. Penurunan jumlah pesanan produk baru dari wilayah Euro tidak seburuk perkiraan dan diprediksi akan membaik di bulan Maret. Aktivitas manufaktur di Jerman dan Irlandia memang lebih kuat, namun sayangnya melemah di 6 negara lain seperti diperlihatkan oleh data Markit. Pelemahan minim terjadi di Yunani dengan indeks berada di angka 43.0 sekaligus menjadi performa manufaktur terbaiknya sejak sembulan bulan lalu.

Aktivitas manufaktur Jerman meningkat ke 50.3 atau tertinggi dalam satu tahun terakhir. Fakta itu memperlihatkan betapa besar jurang antara kinerja ekonomi di negara itu dengan negara-negara lainnya. Aktivitas pabrik di Prancis bahkan menurun dalam rasio yang cukup signifikan. Perekonomian Euro berada dalam kategori resesi dalam sembilan bulan terakhir di tahun 2012. Resesi sendiri merupakan kondisi di mana perekonomian suatu wilayah tercatat negatif selama dua kuartal beruntun.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar