Selasa, 12 Desember 2017

world-economy  World Economy

Kompensasi Subsidi, Pemerintah Akan Gunakan Uang Elektronik

Selasa, 4 November 2014 11:34 WIB
Dibaca 1029

Monexnews  - Pemerintah akan mengurangi pemberian uang kas secara fisik sebagai kompensasi subsidi kepada masyarakat yang membutuhkan. Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar akan menjadi bentuk-bentuk dari kompensasi tersebut. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, program ini juga ditujukan untuk mendorong keuangan yang inklusif (financial inclusion).

“Kategori kompensasi lebih variatif, tidak sekedar cash transfer tapi ada spesifik untuk kebutuhan yang terkait kesejahteraan masyarakat, misalnya pendidikan dan kesehatan,” jelas Menkeu di kantornya, akhir pekan lalu.

Untuk mengurangi uang secara kas, pemerintah akan menggunakan uang elektronik dan rekening bank. Uang elektronik ini akan dikirim melalui telepon genggam yang telah ditanamkan nomor rekening bank. “Idenya, satu, kita tak usah lagi kirim-kirim uang lagi yang lama sampai. Yang kita tahu, penetrasi hp di Indonesia jauh lebih tinggi dari penetrasi perbankan. Karena itu, kalau mau kirim uang ke Indonesia, lebih mudah kirim hp. Ini butuhnya e-money,” jelasnya.

Skema kompensasi dengan uang elektronik ini juga diharapkan dapat menjadi skema permanen, dimana nantinya setiap bantuan kepada masyrakat yang membutuhkan akan dilakukan dengan skema ini. (fin)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar