Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Kondisi Lapangan Kerja China Stabil di Semester II

Jumat, 24 Juli 2015 13:51 WIB
Dibaca 1877

Monexnews - Meski perekonomian sedang lesu, jumlah pengangguran di China relatif stabil sampai dengan kuartal II 2015. Menurut data Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, persentase pengangguran di kota besar turun dari 4,05% menjadi 4,04% di triwulan II.

Rata-rata pengangguran di wilayah urban terpantau stabil di kisaran 4% sejak tahun 2010 silam. Namun pengamat dan pelaku ekonomi sendiri kurang yakin dengan data yang dipakai oleh pemerintah mengingat beberapa sektor tidak lagi terlalu banyak menyerap tenaga kerja seperti dulu.

Pemerintah sendiri bisa mengklaim perhitungannya valid, karena memakai metode yang baik. Angka pengangguran dicatat hanya berdasarkan orang-orang yang memiliki KTP di kota yang sama dan tidak menghitung kaum pendatang. Tidak heran jika perubahannya dari bulan ke bulan tidak terlalu banyak.

China berhasil mencetak 7,18 juta lapangan kerja baru di kota-kota besar selama semester I 2015. Jumlah ini terbilang lumayan, meski mengalami penurunan sebanyak 190.000 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar