Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Konflik Rusia-Ukraina Ubah Peta Keamanan Dunia

Jumat, 4 Juli 2014 13:03 WIB
Dibaca 1282

Monexnews -  'Penjajahan ilegal' yang dilakukan oleh Rusia terhadap kedaulatan Ukraina merupakan 'alarm' bagi North Atlantic Treaty Organization (NATO) dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan keamanan internasional. Pendapat tersebut dilontarkan oleh orang dalam NATO sendiri, Fogh Rasmussen, kepada CNBC.

Menurut Sekjen NATO, Fogh Rasmussen, kasus Rusia-Ukraina adalah titik balik ancaman terhadap keamanan dunia. Oleh karena itu, NATO meminta investasi untuk pertahanan semakin ditambah agar negara anggotanya bisa mengantisipasi potensi ancaman dari pihak luar.

"Dalam lima tahun terakhir, Rusia sudah meningkatkan anggaran belanja militer sebanyak 50%, sedangkan sekutu kami secara rata-rata hanya menyuntik investasi sebanyak 20%," ujar Rasmussen. Tokoh-tokoh anggota NATO, seperti David Cameron (Inggris) dan Angela Merkel (Jerman) telah mengutarakan kekhawatirannya masing-masing terhadap perubahan peta kekuatan di Eropa. Baik NATO maupun negara anggotanya sepakat bahwa suatu kebijakan baru harus dibuat secepatnya, terutama di tengah tingginya tensi konflik kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. "Kita harus memastikan adanya perlindungan efektif untuk menghadapi serangan luar, baik berupa serangan misil ataupun cyber attack," imbuh Rasmussen.
  (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar