Rabu, 25 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

world-economy  World Economy

Konsumsi Masyarakat dan Pemilu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Jumat, 7 Februari 2014 10:37 WIB
Dibaca 440

Monexnews - Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi tahun 2014 dapat berada pada kisaran 5,8-6 persen, dengan dorongan dari konsumsi rumah tangga dan pemilihan umum pada tahun ini. Demikian disampaikan Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, Selasa (5/2).

Menurutnya, laju inflasi pada tahun ini akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2013, yang berarti daya beli masyarakat akan meningkat. Dengan demikian, share konsumsi masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi 2014 juga meningkat sebesar 55 persen dibandingkan tahun lalu.

Selain konsumsi, Pemilu juga akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi tahun ini, karena akan terjadi banyak spending masyarakat, terutama untuk keperluan kampanye seperti kaos dan makanan. “Masyarakat dapat additional income, itu konsumsi mulai mengalami peningkatan, padahal porsi terbesar PDB kita adalah konsumsi,” tuturnya.

Dari sisi belanja pemerintah, membaiknya ekonomi Amerika Serikat akan mendorong kinerja perdagangan pada tahun ini, khususnya ekspor. “Yang turun tahun ini mungkin investasi, karena pengaruh investasi yang slow down, tapi ada konsumsi rumah tangga yang naik, ekspor yang membaik, dan pengeluaran pemerintah yang more or less sama, jadi pertumbuhan bisa di atas 5,8 persen," pungkasnya.(ans)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar