Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Konsumsi Meningkat, Retail Sales Jerman Melesat

Selasa, 3 Maret 2015 15:12 WIB
Dibaca 683

Monexnews - Angka retail sales atau penjualan ritel Jerman naik lebih besar dibandingkan ekspektasi di bulan Januari 2015. Tingginya konsumsi domestik menjadi alasan di balik kenaikan retail sales di awal tahun.

Retail sales Januari naik 2,9% (disesuaikan dengan faktor musim) dibandingkan laporan bulan Desember 2014 lalu. Rasio kenaikannya melampaui perkiraan analis yang disurvei Wall Street Journal, yang menghasilkan estimasi penurunan 0,3%. Untuk skala tahunan, retail sales meningkat 5,3% sekaligus menandai laju tercepatnya sejak bulan Juni 2010 lalu (6%).

Laporan retail sales Jerman sendiri merupakan indikator ekonomi yang tidak baku karena biasanya mengalami revisi. Namun demikian, data terbaru ini menunjukkan bahwa perekonomian domestik Jerman cukup kuat berkat dukungan daya beli konsumen. Lembaga riset GfK pekan lalu memperkirakan angka consumer confidence atau kepercayaan konsumen naik dari 9.3 ke 9.7 di bulan Maret mendatang.

Beberapa kategori yang mendukung kenaikan retail sales antara lain makanan, minuman dan tembakau dengan kenaikan 3,8% dibandingkan Januari tahun lalu. Sementara komponen non-pangan naik 6,3% dan penjualan via internet dan layanan surat elektronik naik 14%. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar