Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Konsumsi Rumah Tangga Kian Menguat

Senin, 6 Januari 2014 14:29 WIB
Dibaca 554

Monexnews - Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan konsumsi rumah tangga semakin menguat pada bulan Desember 2013. Hal ini tercermin dari meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2013 menjadi 116,5 dari bulan sebelumnya yaitu 114,3.

"Kenaikan IKK terutama didorong oleh membaiknya optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan baik pada saat ini maupun 6 bulan mendatang," demikian tercantum dalam hasil survei yang dilakukan Departemen Statistik BI.

Selain itu, meningkatnya pembelian barang tahan lama dan penghasilan saat ini juga semakin mendorong peningkatan IKK pada Desember 2013. Survei ini juga mengindikasikan redanya tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Maret 2014), dengan indeks ekspektasi harga yang lebih rendah, baik dibandingkan dengan bulan sebelumnya maupun periode yang sama tahun sebelumnya.

Namun, untuk ekspektasi yang lebih panjang, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Juni 2014) diperkirakan semakin menguat. Hal ini tercermin pada angka indeks yang terus menunjukkan peningkatan sejak Maret 2014. Meningkatnya permintaan menjelang Pemilu Presiden (9 Juli 2014) dan permintaan masyarakat menghadapi bulan puasa pada akhir Juni 2014, diperkirakan menjadi pendorong utama tekanan kenaikan harga tersebut. (ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar