Kamis, 19 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Korea Selatan Perlu Segera Longgarkan Kebijakan Moneter

Rabu, 18 Februari 2015 9:10 WIB
Dibaca 1446

Monexnews - Bank of Korea mempertahankan suku bunga pada rapat kebijakan moneter Selasa kemarin, Gubernur BOK Lee Ju-yeol kemudian mengatakan pemangkasan suku bunga tidak lagi efektif memberikan dampak bagi perekonomian. Namun Korea Selatan yang hampir mengalami deflasi, membuat International Monetary Fund dan HSBC menyarankan BOK untuk menurunkan suku bunga dalam beberapa bulan kedepan.

"Kemungkinan pemangkasan suku bunga pada bulan depan akan meningkat jika data ekonomi memberikan sinyal penurunan pertumbuhan ekonomi. Bank sentral Korsel menyoroti lemahnya permintaan domestik dan penurunan sentimen, kami kira hal tersebut menimbulkan risiko bagi target pertumbuhan PDB sebesar 3,4%" kata ekonom HSBC, Ronald Mann. Ia juga memperkirakan BOK akan memangkas suku bunga 25 basis poin pada bulan Maret, dan pemangkasan kedua diperkirakan dilakukan pada kuartal ke-tiga tahun ini. 

Ekonomi Korsel tumbuh dengan laju terendah dalam dua tahun terakhir di kuartal ke-empat lalu, sementara inflasi tumbuh 1,3% di tahun 2014, berada di bawah rata-rata negara G7 untuk pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir.

Pada pekan lalu, IMF mengatakan pemerintah Korsel memiliki ruang moneter maupun fiskal untuk memacu kembali perekonomian. Kepala misi IMF Korea, mendorong pemerintah Korsel untuk menggunakan ruang yang tersedia tersebut. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar