Selasa, 17 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Korsel Sambut Baik Dicapainya Resolusi Nuklir Iran

Jumat, 3 April 2015 14:02 WIB
Dibaca 857

Monexnews - Perekonomian Korea Selatan (Korsel) memang sedang melambat beberapa tahun terakhir akibat penurunan ekspor. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk membangkitkan ekonomi, khususnya via kebijakan moneter ekstra longgar.

Pemerintah Korsel mengakui kalau pelaku ekonomi sedang terdesak oleh dinamika internasional. Namun otoritas tetap optimis situasi akan berbalik positif dalam hitungan bulan. Suntikan sentimen positif datang pekan ini saat 6 negara besar dunia yang dikomandoi oleh AS mencapai kesepakatan soal resolusi nuklir dengan pemerintah Iran. Korsel percaya bahwa kesepakatan itu akan semakin menurunkan harga minyak sehingga perekonomian domestik turut menguat.

Sesaat setelah beredar kabar 'perdamaian' antara AS dan Iran, Menteri Keuangan Korsel langsung menggelar meeting dengan jajarannya. Choi Kyung-hwan senang dengan hasil negosiasi nuklir Iran karena hal itu akan berdampak pada penurunan harga minyak. Blok barat setuju untuk mencabut embargo ekonomi dengan syarat pihak Teheran mau membuka diri untuk penyelidikan proyek pengembangan nuklirnya.

Kemarin dalam konferensi pers setelah meeting kebijakan ekonomi, Choi Kyung-hwan memuji kemajuan data retail sales dan aktivitas transaksi di sektor hunian serta pasar modal. Menurutnya, peningkatan daya belanja konsumen didorong oleh kebijakan suportif pemerintah dan tren penurunan harga minyak mentah dalam beberapa bulan terakhir. Retail sales melonjak 2,8% di bulan Februari dibandingkan laporan bulan Januari, yang angkanya minus 2,8%. Pelaku pasar sempat pesimis perekonomian mandek walau bank sentral sudah menurunkan suku bunga ke rekor terendah 1,75%. Namun dengan adanya kabar resolusi Iran, maka optimisme pelaku ekonomi dan investor diyakini semakin meningkat. Isyarat positif itu terlihat dari penguatan indeks saham KOSPI sebanyak 0,7% pasca kesepakatan nuklir diumumkan. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar