Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Krisis, Jumlah Pekerja Zona Euro Makin Sedikit

Jumat, 14 Juni 2013 16:50 WIB
Dibaca 421

Monexnews - Jumlah warga yang memiliki pekerjaan di zona Euro semakin sedikit pada kuartal pertama 2013. Data resmi yang dirilis hari ini memperlihatkan tingkat employment di 17 negara pengguna valuta tunggal berada pada titik terendah dalam lebih dari tujuh tahun terakhir. 

Eurostat melaporkan jumlah warga bekerja di zona Euro turun 0.5% pada kuartal I 2013 dibandingkan triwulan terakhir 2012. Rasio penurunan itu adalah yang tertinggi sejak data kuartal II tahun 2009 silam. Artinya, tinggal 145.1 juta orang yang masih memiliki mata pencarian atau jumlah paling sedikit sejak kuartal IV 2005.

Kondisi terburuk tampak di Yunani, di mana jumlah orang yang bekerja merosot 2.3% dibandingkan kuartal akhir 2012. Sementara di Portugal, penurunan tercatat sebesar 2.2% disusul oleh Siprus dan Italia yang jumlah warga bekerjanya melemah 1%. Berdasarkan fakta itu, maka bisa disimpulkan bahwa krisis hutang dan tekanan fiskal benar-benar menghancurkan sendi perekonomian negara-negara bermasalah. Di sisi lain, negara dengan kondisi ekonomi kuat justru mampu membuka lebih banyak lapangan kerja di kuartal perdana lalu, seperti Austria dan Jerman. Eurostat juga mengumumkan rilis inflasi bulan Mei, di mana kenaikan harga konsumen tahunan melaju jadi 1.4% di bulan Mei atau lebih cepat dibanding catatan bulan April, 1.2%. Rasio inflasi itu masih jauh berada di bawah target jangka menengah bank sentral (mendekati 2%).

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar