Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

world-economy World Economy

Kuartal II, Belanda Terpaku dalam Jeratan Resesi

Rabu, 14 Agustus 2013 14:58 WIB
Dibaca 2700

Monexnews - Negara-negara zona Euro mencatat pertumbuhan ekonomi beragam pada kuartal II 2013. Tadi pagi gross domestic products (GDP) Prancis dilaporkan tumbuh 0.5% di kuartal II 2013 atau lebih baik dari prediksi (+0.2%) dan rasio kontraksi triwulan pertama yang sebesar 0.2%. Dengan demikian negara ini resmi lepas dari fase resesi. 

Sayangnya kinerja apik Prancis tidak diikuti oleh negara lain yang merilis laporan serupa hari ini, yaitu Belanda. Negeri kincir angin masih terjebak dalam fase resesi pada kuartal II tahun lalu di tengah tingginya jumlah pengangguran. Gross domestic product Belanda anjlok 0.2% dibandingkan kuartal perdana tahun ini sekaligus menandai kontraksi selama empat kuartal berturut turut, seperti dilaporkan oleh biro statistik CBS. Namun demikian, rasio perlambatan lebih baik ketimbang catatan kontraksi satu triwulan lalu yang mencapai 0.4%.

Di tengah arus kemajuan ekonomi negara-negara zona Euro, Belanda masih terjerat oleh resesi, yang sudah melanda selama 2 tahun. Kerusakan di sektor perumahan telah menular hingga ke sektor lainnya termasuk konsumsi domestik. Lini ekspor merosot 0.8% dibandingkan satu tahun lalu, sementara konsumsi dalam negeri turun 2.4% dan tingkat investasi melemah 9.4%. Di sisi lain, angka pengangguran justru melonjak dari 8.5% menjadi 8.7%. Nilai tukar Euro kini terpantau pada level 1.3264 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar