Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Kuroda: Pelemahan Yen Hingga Saat Ini Tidak Negatif Untuk jepang

Selasa, 7 Oktober 2014 9:27 WIB
Dibaca 636

Monexnews - Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda pada hari Selasa mengatakan bahwa pelemahan tajam pada yen belakangan ini tidak "negatif" bagi perekonomian Jepang, menepis kritik mengenai dampak negatif. "Saat pergerakan nilai tukar mata uang sesuai fundamental perekonomian dan keuangan, hal tersebut tidak negatif bagi perekonomian secara keseluruhan," ucap Kuroda saat tampil di Parlemen pada sela-sela pertemuan kebijakan bank sentral. "Menurutku pelemahan yen hingga saat ini tidak menimbulkan masalah dan bukanlah sesuatu yang negatif bagi perekonomian secara keseluruhan," tambahnya. 

Pernyataan dari Kuroda tersebut kemungkinan akan menguatkan pandagan pasar bahwa ia tidak memiliki niat untuk menghentikan pelemahan yen, yang mana dapat mendorong laju inflasi Jepang menuju target BOJ. Gubernur BOJ mengatakan bahwa hal yang terpenting adalah untuk mencapai laju pertumbuhan harga sebesar 2% dan mempertahankannya pada perekonomian Jepang. Kuroda mengatkaan investor mungkin mendorong pelemahan yen melihat perbedaan arah kebijakan moneter AS dan Jepang. Sementara pelemahan pada mata uang Jepang melukai laba sektor non-manufaktur dengan menaikkan biaya, hal tersebut membantu mendorong sekttor ekspor serta earnings dan investasi pada perusahaan multinasional di Jepang, tambahnya.
Kuroda kembali menegaskan bahwa bank sentral berada dalam jalur untuk mencapai target inflasi sebesar 2%, tanpa menyebutkan secara spesifik batas waktunya. Bank sentral akan mengambil pelonggaran kebijakan tambahan jika laju inflasi gagal bertambah cepat sesuai ekspektasi, ucapnya. "Jika resiko penurunan pada outlook bertambah tinggi, pastinya kami akan membuat penyesuaian kebijakan, yang mana akan menjadi bentuk pelonggaran tambahan," ucapnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar