Sabtu, 29 Juli 2017

world-economy  World Economy

Kuroda Targetkan Inflasi 2% Dalam 2 Tahun

Selasa, 26 Maret 2013 10:26 WIB
Dibaca 383

Monexnews - Dalam pidatonya yang pertama kali di depan parlemen sejak terpilih sebagai Gubernur Bank sentral Jepang (BOJ) yang baru, Haruhiko Kuroda mengatakan hari ini bahwa target inflasi 2% adalah sesuatu yang ada di pikiran dia saat ini. BOJ akan menghilangkan aturan yang membatasi besaran pembelian aset dan mempertimbangkan membeli lebih banyak obligasi yang memiliki jatuh tempo lebih panjang.

Kuroda berjanji akan melakukan apapun juga untuk mengakhiri masa deflasi di Jepang dan mengatakan bahwa ekspektasi kenaikan harga atau inflasi akan menjadi hal yang positif bagi ekonomi terbesar ketiga dunia ini.

Meskipun tekad kuat telah disampaikan oleh pimpinan BOJ ini, namun sebagian analis dan ekonom menyangsikan bahwa program dari BOJ akan mampu mengangkat inflasi hingga 2 persen dalam 2 tahun. Salah seorang mantan wakil menteri keuangan Jepang, Eisuke Sakakibara, mengatakan bahwa deflasi yang terjadi di Jepang sudah struktural dan sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama, 20 tahun.

Saat ini BOJ telah membeli obligasi, ETF (Exchange-Traded Funds) dan aset beresiko lainnya dengan target pembelian akan mencapai 76 triliun yen ($805 miliar) hingga akhir tahun ini.

Pidato dari Kuroda pagi ini mampu mengangkat kembali indeks Nikkei ke level 12540 dan yen kembali melemah ke level 94.40 per dollar AS.

(art)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar