Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Lagi, Bank of Japan Naikkan Penilaian Ekonomi

Jumat, 8 Maret 2013 13:25 WIB
Dibaca 520

Monexnews - Bank of Japan (BOJ) menaikkan penilaian terhadap kinerja ekonomi nasional hari Jumat (08/03). Revisi kali ini menandai kenaikan penilaian ekonomi selama tiga bulan berturut-turut, pertama kalinya sejak akhir 2009 lalu. Hal ini menjadi sinyal akan terjadinya pemulihan Jepang dari fase resesi yang telah lama berlangsung. 

Perekonomian Jepang tidak lagi 'melemah', demikian rilis resmi bank sentral hari ini. Statement BOJ lebih optimis ketimbang pernyataan resminya bulan Februari kemarin, di mana otoritas kala itu menyatakan ekonomi nasional memasuki akhir dari 'kondisi pelemahan'.

Untuk kali pertama sejak September dan November 2009, BOJ merevisi naik penilaiannya selama tiga bulan beruntun. Namun fenomena ini rasanya tidak akan cukup membendung wacana pelonggaran moneter lebih lanjut tahun ini. Bahkan kebijakan akomodatif kemungkinan dirilis pasca lengsernya Masaaki Shirakawa sebagai gubernur bank sentral. Penggantinya sudah diamanatkan tugas penuntasan deflasi oleh perdana menteri melalui peluncuran stimulus baru. Jika tidak ada aral melintang, Haruhiko Kuroda akan menjabat sebagai panglima kebijakan BOJ, yang bertugas mencapai target inflasi 2% melalui strategi-strategi moneter barunya nanti. kurs USD/JPY saat ini terpantau di 95.32. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar

amitadiah 8 Maret 2013
jika Jepang bisa memperbaiki keadaan ekonomi di tengah proses globalisasi ini, Tapi mengapa Indonesia tidak bisa melakukannya.