Senin, 18 Desember 2017

world-economy  World Economy

Lagi, China Suntik Stimulus ke Daerah

Senin, 12 Agustus 2013 10:40 WIB
Dibaca 618

Monexnews - Pemerintah China dengan diam-diam kembali menggelontorkan stimulus keuangan ke kota-kota utama dan provinsi China yang bertujuan untuk membantu menjaga pertumbuhan ekonomi daerah, menurut harian bisnis Hong Kong - South China Morning Post, di hari Senin (12/8).

Laporan tersebut menyebutkan meskipun kalangan petinggi telah berulang kali bersikeras untuk tidak mengeluarkan stimulus federal, tidak menutup kemungkinan mereka merilis "stimulus ekonomi tidak resmi" demi membantu perekonomian daerah.

Di tambahkan pula bahwa pihak Agricultural Bank of China Ltd telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah pusat untuk memberikan pinjaman senilai 250 miliar yuan ($ 40.7 miliar) untuk mendirikan sebuah zona perdagangan bebas. Bank tersebut juga mengkonfirmasi telah menandatangani perjanjian "kerjasama strategis" dengan otoritas Shanghai.

Menyusul kabar tersebut, bank-bank lain dengan cepat mengikuti rencana pinjaman tersebut dan mendukung wilayah lainnya, seperti Provinsi Guangdong di China bagian selatan. Dan berita ini menambah rasa optimisme masyarakat dan investor setelah rilis data China di akhir pekan lalu mensinyalkan adanya pemulihan ekonomi di negeri China.

Hari ini pasar cukup antusias setelah data yang rilis Jumat lalu (9/8) menunjukkan sektor perbankan telah menyalurkan dana pinjaman lebih besar dari perkiraan sepanjang bulan Juli lalu. Perbankan China telah menggelontorkan dana ke masyarakat hingga berjumlah 699.9 miliar yuan ($114.3 miliar). Dan mematahkan ekspektasi analis sebesar 665 miliar yuan.

Selain itu, otoritas China sendiri juga telah menyalurkan uang segar ke masyarakat (money supply) dengan peningkatan sebanyak 14.5% di bulan Juli dari bulan sebelumnya 14%. Kenaikkan tersebut jauh di atas ekspektasi analis sebesar 14.1%.  Dan data tersebut merupakan sinyal positif terakhir setelah data industrial production juga mengalami lonjakan signifikan di bulan Juli. Alhasil, serangkaian data tersebut dapat menjadi pondasi untuk mendongkrak prospek pertumbuhan dikuartal III.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar