Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Laju Inflasi Indonesia Melambat di Bulan Februari

Senin, 2 Maret 2015 12:50 WIB
Dibaca 936

Monexnews - Laju inflasi tahunan Indonesia melambat lebih dari ekspektasi menjadi 6.29% di bulan Februari, akibat penurunan harga bahan bakar dan cabai, menurut data dari biro statistik pada hari Senin. Ekonom memperkirakan laju inflasi melambat hingga 6.7% di bulan Februari dari 6.96% di bulan Januari. Dalam basis bulanan, indeks harga konsumen turun untuk kedua bulannya pada laju sebesar 0.36%. Tingkat inflasi inti melambat menjadi 4.96% dari 4.99% pada bulan sebelumnya. Sasmito Hadiwibowo, wakil kepala biro statistik, mengatakan bahwa pemangkasan harga bahan bakar bersubsidi telah berdampak pada penurunan harga transportasi dan makanan.

Sementara itu data lainnya yang dirilis pagi ini menunjukkan aktivitas sektor manufaktur Indonesia berkontrak selama 5 bulan berturut-turut pada bulan Februari, dengan indeks utama anjlok ke rekor rendah akibat penurunan tingkat produksi dan pesanan baru, menurut survey PMI HSBC. PMI sektor manufaktur HSBC turun menjadi 47.5 di bulan Februari dari 48.5 di bulan Januari, level terendah sejak April 2011. Pihak pabrik nampak kesulitan untuk mengatakan kenaikan harga impor pada konsumen akibat ketatnya kompetisi di negara perekonomian terbesar Asia Tenggara tersebut, menurut survey.
Data lain menunjukkan kedatangan turis asing di Indonesia turun sebanyak 3.99% di bulan Januari dari setahun sebelumnya, dibandingkan dengan kenaikan sebesar 6.35% di bulan Desember, menurut biro statistik. Data menunjukkan 723,000 turis datang ke indonesia di bulan Januari, turun dari 915,300 orang di bulan Desember. Negara perekonomian terbesar di Asia Tenggara tersebut menarik lebih sedikit jumlah turis daripada tetangganya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar