Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

Laju Inflasi Tahunan Inggris Stagnan di Bulan Februari

Selasa, 24 Maret 2015 16:53 WIB
Dibaca 447

Monexnews - Laju inflasi Inggris anjlok menjadi nol di bulan Februari, stagnasi pertama semenjak penghitungan dimulai sekitar 3 dekade lalu. Perlambatan laju inflasi dari 0.3% di bulan Januari lebih tajam dari estimasi ekonom dan menandai stagnasi pertama kalinya sejak 1989. Berdasarkan data historis, ini merupakan angka paling rendah sejak 1960, menurut Office for National Statistics pada hari Selasa. Dampak terbesar pada perlambatan laju tahunan di bulan Februari datang dari makanan dan minuman non-alkohol begitu juga dengan furniture dan peralatan rumah tangga serta komputer. Harga makanan dan minuman anjlok dengan tingkat tahunan sebesar 3.3%. Ada sedikit tekanan turun dari harga bensin, yang mana anjlok ke rata-rata 107 penny per liter bulan lalu dari 108.3 di bulan Januari.

Gubernur Bank of England Mark Carney memperkirakan laju inflasi akan anjlok ke bawah nol dalam beberapa bulan kedepan, meski petinggi BOE telah mengatakan bahwa mereka masih akan memantau penurunan tersebut karena disebabkan oleh faktor sementara, terutama penurunan pada harga minyal. Lemahnya laju pertumbuhan harga berarti semakin sedikit tekanan pada BOR untuk menaikkan suku bunga dari rekor rendah 0.5%. Carney juga mengatakan bahwa dampak dari penurunan harga minyak akan mulai memudar tahun ini dan laju inflasi akan kembali bertambah cepat di tahun 2016.
Bagaimanapun juga, kepala ekonom BOE Andy Haldane memperingatkan bahwa resiko rendahnya pertumbuhan harga akan terus melekat, mengacu pada perbedaan di dalam Monetary Policy Committee seiring berdebat mengenai waktu kenaikan suku bunga. Ekonom memperkirakan inflasi akan melambat menjadi 0.1% di bulan Februari dari 0.3% pada bulan sebelumnya. Laju inflasi inti melambat menjadi 1.2% bulan lalu, di bawah estimasi sebesar 1.3%.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar