Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Langkah Berlusconi Dijegal Kasus Suap

Jumat, 1 Maret 2013 15:06 WIB
Dibaca 715

Monexnews - Belum tuntas jalan pencalonannya sebagai perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi sudah tersandung kasus baru. Mantan orang nomor satu di pemerintahan itu sedang diselidiki atas tuduhan suap terhadap seorang anggota senat. Tujuannya supaya sang senator mengubah pendiriannya dan berbalik mendukung pemerintah dalam proses penentuan kebijakan.

Kuasa hukum Berlusconi, Niccolo Ghedini, menyangkal semua gugatan dan menyebut tuduhan itu 'tanpa alasan sama sekali'. Kasus ini mencuat setelah muncul bocoran dokumen yang dipublikasikan oleh jaksa penuntut di situs parlemen Italia. Pengadilan memerintahkan penggeledahan kotak deposit pribadi Berlusconi dan pembukaan akses teleponnya. Aroma politis mencuat karena kasus ini dibuka beberapa saat setelah pemilu berakhir, di mana partai-partai yang berkompetisi gagal mendapat kursi mayoritas di parlemen.

Menurut dokumen yang dipublikasikan, mantan senator Sergio de Gregorio mengaku kepada jaksa bahwa ia dibayar 3 juta Euro ($3,92 juta) oleh Berlusconi untuk mengubah haluan partainya di tahun 2006. Sikap de Gregorio kemudian berimbas pada instabilitas pemerintahan sayap kiri dan berkontribusi pada kehancuran partai itu. "Saya bilang padanya untuk memberikan uang itu, terserah itu dari kantungnya atau dari kas partainya," urai sang senator. Ia mengaku sedang mengalami kesulitan uang sehingga menghalalkan cara tersebut . Dalam kasus terpisah, pemimpin partai People of Freedom (PDL) ini juga sedang menghadapi tuntutan hukum atas kasus kejanggalan kampanye tahun lalu. Berlusconi kala itu berjanji akan mengembalikan pajak properti yang sudah dibayar oleh warga tahun lalu jika koalisi sayap kanan memenangkan pemilu tahun ini.

Berlusconi berulangkali mengritik berbagai gugatan hukum tersebut dan mengecamnya sebagai sebuah aksi politik. Saat ini ia juga sedang menghadapi kasus peradilan terkait kasus penyimpangan pajak yang melibatkan perusahaan miliknya, Mediaset group. Proses hukum kasus penerbitan rekaman telepon dan pelecehan seksual gadis di bawah umur juga belum tuntas sepenuhnya. Berlusconi secara resmi sudah diterpa 30 tuntutan atas kasus penipuan dan korupsi sepanjang karirnya, namun tidak pernah terbukti mutlak di pengadilan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar