Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Lelang Obligasi Portugal Dijadwalkan Berlangsung Pekan Depan

Senin, 2 Juni 2014 15:41 WIB
Dibaca 530

Monexnews - Badan penerbit surat hutang Portugal diperkirakan merilis rincian lelang obligasi untuk tanggal 11 Juni pada Jumat pekan ini (06/06). Bank investasi asal Jerman, Commerzbank, memprediksi negara itu akan melepas surat hutang dengan tenor 10 tahun, dan tidak tertutup kemungkinan obligasi berjangka 5 tahun. Pasar menantikan target raihan dana dan jenis obligasi yang akan diterbitkan oleh pemeirntah pusat. 

Proses lelang sendiri dijadwalkan berlangsung pada hari Rabu ke-dua atau ke-empat bulan Juni ini atau pada tanggal 11 dan 25. Apabila mekanisme lelang tidak diumumkan sampai dengan hari Jumat besok, maka pemerintah kehilangan kesempatan untuk menggalang dana segar di bulan ini.

Portugal sudah resmi keluar dari program bailout internasional dan mendapatkan kembali kebebasan ekonomi yang hilang setelah diterpa krisis hutang Eropa. Namun demikian, negara ini masih menghadapi tantangan berupa pembengkakan beban hutang sebesar 214 miliar Euro ($293 miliar) atau hutang tertinggi ke-tiga di zona Euro menurut perhitungan persentasenya terhadap gross domestic product. Perekonomian Portugal berkontraksi sebesar 4% dibandingkan tahun 2010, setahun sebelum pemerintah Portugal meminta bantuan dari pihak kreditur internasional. Pasca krisis melanda, yield obligasi 10-tahun Portugal meroket hampir dua kali lipat dibandingkan kinerja yield obligasi Prancis. Tiga agensi rating terbesar dunia bahkan menganggap Portugal sebagai negara dengan status 'non-investasi'. Pelaku pasar patut mencermati animo investor terhadap aset hutang Portugal pada lelang mendatang. Apabila minat beli memenuhi target, maka bisa disimpulkan kalau kepercayaan pemilik modal terhadap negara ini muai pulih. 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar