Senin, 24 Juli 2017

world-economy  World Economy

Lenovo: Kami Masih Punya Uang untuk Akuisisi

Selasa, 27 Mei 2014 12:55 WIB
Dibaca 368

Monexnews - Setelah menuntaskan mega-merjer dengan Motorola, Lenovo Group Ltd masih membuka peluang untuk merjer dan akuisisi di tahun 2014. Bos perusahaan asal China itu sesumbar perusahaannya mempunyai kas $1 miliar untuk dihabiskan.

Statement itu diungkapkan oleh Chief Financial Officer Lenovo, Wong Wai Ming kepada media pasca penyelesaian dua akuisisi unit bisnis asal Amerika Serikat (AS) dengan nilai gabungan mencapai $5.21 miliar. “Kalau ada akuisisi lagi senilai $1 miliar, kami masih mampu. Tetapi kalau di atas jumlah itu, kami tidak akan melakukannya," kilah Wong Wai Ming. Menurutnya, peluang akuisisi tidak datang dua kali dan apabila perusahaan tidak mengambilnya maka bisnis potensial itu akan jatuh ke tangan pihak lain. Lenovo sendiri sedang menyelesaikan akuisisi atas unit handset Motorola Mobility dari tangan Google Inc dan bisnis low-end server International Business Machines Corp atau IBM. Akhir Januari silam, Lenovo membeli Motorola Mobility senilai $2.91 miliar atau hanya berselang sepekan sesudah mengumumkan kesepakatan $2.3 miliar untuk membeli unit server IBM. Kedua kesepakatan tersebut akan tuntas pada akhir 2014 mendatang setelah mendapat persetujuan regulator AS.

Pekan lalu, Wong Wai Ming menegaskan pihaknya belum menutup pintu merjer dan akuisisi walaupun sudah menguasai Motorola dan anak usaha IBM. Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret, Lenovo memiliki cadangan kas sekitar $3.5 miliar serta pinjaman bank $455 juta. Jumlah itu belum termasuk dana siaga $1.5 miliar dari penawaran obligasi. "Kami bisa menggalang dana beberapa ratus juta Dollar lagi atau bahkan lebih," kilah Wong. Namun demikian, ia menolak untuk menjelaskan jenis unit bisnis yang akan digarap oleh Lenovo di masa depan. Khusus untuk pasar ponsel cerdas, ia menilai margin keuntungan pada akhirnya akan mengecil, persis seperti industri PC saat ini. Oleh karena itulah pihaknya terus menjalin komunikasi guna memperluas sayap bisnis ke sektor lain.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar