Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Lewati Tantangan 2013, Perekonomian RI Dapat 4 Pelajaran Penting

Kamis, 3 April 2014 16:53 WIB
Dibaca 387

Monexnews - Indonesia memperoleh pelajaran penting setelah pada tahun 2013 perekonomian nasional berhasil melalui tantangan kondisi global yang tidak ringan. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo pada Rabu (2/4) di Gedung BI, Jakarta.

Gubernur BI mengatakan, ada empat pelajaran penting yang diperoleh dari kondisi perekonomian sepanjang tahun 2013. "Kita mendapat empat pelajaran penting," katanya di sela peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2013. Ia menambahkan, pentingnya menjaga disiplin dan komitmen makro ekonomi, fiskal dan moneter, merupakan pelajaran pertama dan terpenting yang didapat dari kondisi tahun lalu. "Pada aspek ini, kebijakan moneter yang preventif dan kuat memberi jangkar dalam mengendalikan ekspektasi inflasi dan defisit transaksi berjalan yang lebih sehat," jelasnya.

Pelajaran penting kedua yaitu perlunya strategi integrasi dan kebijakan dalam merespons tantangan yang semakin kompleks. Menurut Gubernur BI, respons kebijakan tidak dapat mengandalkan satu instrumen saja, tetapi harus ditopang dengan instrumen-instrumen lain. "Integrasi di sektor moneter dan fiskal perlu diperkuat lagi sehingga lebih optimal," imbuhnya.

Sementara, pelajaran ketiga adalah pentingnya ketahanan keuangan dalam penyesuaian ekonomi di tengah tekanan pada ekonomi domestik. Terakhir, pelajaran keempat, menurut Gubernur BI, yaitu pentingnya meneruskan reformasi struktural di bidang ekonomi.(ak)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar