Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Lima Faktor Pendorong Keberhasilan Indonesia Masuk 10 Ekonomi Besar Dunia

Rabu, 7 Mei 2014 15:40 WIB
Dibaca 1385

Monexnews - Keberhasilan Indonesia masuk 10 ekonomi besar dunia yang ditetapkan oleh Bank Dunia sebagaimana disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Sabtu (3/5) lalu menunjukkan bahwa Indonesia kini sejajar dengan negara-negara yang selama ini tergolong sebagai negara maju.

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Firmanzah, ada lima faktor yang menjadi pendorong utama keberhasilan Indonesia. Yang pertama, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan sustainable. Kedua, berjalan baiknya sejumlah kebijakan pengendalian inflasi dalam 5-8 tahun terakhir. Ketiga, percepatan pembangunan infrastruktur dan industrialisasi juga meningkatkan penciptaan lapangan kerja dan multiplier effect ke sektor ekonomi lainnya.

Selanjutnya, faktor keempat yaitu massifnya program pemberdayaan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat membantu tingkatkan purchasing power dan sektor riil. Terakhir, stabilitas politik, keamanan dan ketertiban juga terus terjaga dan semakin baik. “Kelima sektor inilah yang membuat ekonomi terus tumbuh dan meningkatnya daya beli masyarakat, sehingga ekonomi domestik terus ekspansif,” papar Firmanzah sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.(wa)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar