Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Lithuania Mendapat Sinyal Lampu Hijau Untuk Mengadopsi Euro

Rabu, 4 Juni 2014 18:35 WIB
Dibaca 655

Monexnews - Lithuania menerima sinyal lampu hijau dari European Commission dan European Central Bank untuk mengadopsi Euro, seiring negara baltik ini berencana meningkatkan belanja untuk keamanan sosial dan pertahanan nasional di tengah meningkatnya ketegangan dengan Rusia.

European Commission, yang merupakan badan eksekutif Uni Eropa, pada hari Rabu mengatakan jika Lithuania telah memenuhi semua kriteria untuk mengadopsi Euro dan mengusulkan untuk mulai melakukannya per 1 Januari 2015. Keputusan resmi mengenai hal itu kemungkinan akan dikeluarkan Dewan Menteri Uni Eropa pada paruh ke-2 bulan Juli 2014.

Upaya Lithuania sebelumnya untuk bergabung ke dalam blok Euro sempat menjumpai kegagalan setelah inflasi meningkat di atas batas yang dipersyaratkan. Seperti halnya negara-negara Baltik lainnya, seperti Estonia dan Latvia, negara berpenduduk seikitar 3 juta jiwa ini juga menderita penurunan ekonomi yang tajam di tengah krisis keuangan global yang dimulai pada tahun 2008.

Estonia bergabung dengan blok Euro pada tahun 2011, diikuti oleh Latvia pada tahun 2014. Penggunaan mata uang Euro di Baltik dipandang sebagai sebuah langkah lain untuk memperdalam aliansi wilayah dengan blok Barat. Ke-3 negara itu telah bergabung dengan Uni Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sejak tahun 2004.

Sementara Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa pengadopsian Euro pada bulan Januari tahun depan diharapkan akan dapat menarik investasi ke Lithuania dan membantu menekan biaya pinjaman. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar