Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Moody's turunkan peringkat kredit China, AUDUSD turun 20 pip ke 0.7453

world-economy  World Economy

Lonjakan Inflasi RI Lampaui Ramalan Analis

Kamis, 1 Agustus 2013 11:06 WIB
Dibaca 457

Monexnews - Angka inflasi Indonesia bulan Juli tercatat melampaui perkiraan analis dan pengamat ekonomi. Badan Pusat Statistik hari ini mengumumkan bahwa inflasi tercatat naik 8.61% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau lebih tinggi dibanding ekspektasi, 8.15%. Sementara untuk perhitungan bulanan, inflasi Juli naik 3.29%, juga lebih tinggi dari estimasi yang hanya 2.85%.

Inflasi inti (core CPI) naik 4.44% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka ini lebih tinggi dibanding catatan CPI on year bulan Juni yang sebesar 3.98%. Laju inflasi Indonesia meningkat tajam pada bulan Juli sebagai imbas dari kenaikan harga bahan bakar bulan lalu. Faktor bulan Ramadhan turut memperkuat asumsi tersebut mengingat lonjakan harga rutin terjadi setiap momen hari raya. Nilai tukar Rupiah terpantau di level 10.280 per Dollar pasca pengumuman tersebut (Reuters). 

 

*Menurut hasil survei median terhadap pengamat dan analis ekonomi tengah pekan ini oleh Dow Jones Newswires, inflasi tahunan diperkirakan muncul pada angka 8.15% di bulan Juli. Estimasi tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan catatan inflasi tahunan bulan Juni lalu yang hanya sebesar 5.90%. Sementara jika dihitung secara bulanan, sebanyak 7 ekonom meramalkan inflasi berada di level 2.85% atau lebih tinggi dibandingkan catatan bulan lalu yang hanya 1.03%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar