Sabtu, 16 Desember 2017

world-economy  World Economy

Machinery Pulihkan Optimisme Pasar Jepang

Kamis, 11 Juli 2013 14:26 WIB
Dibaca 378

Monexnews -  Mengakhiri sesi perdagangan reguler hari Kamis (11/7), indeks Nikkei - Jepang di tutup zona positif setelah sepanjang perdagangan pasar bergerak lesu dan keluar masuk antara teritori negatif dan positif. Nikkei (N225) berakhir menguat 0.39% atau naik +55.98 poin pada area 14472.58. Sedangkan indeks Nikkei fut juga turut menguat 0.28% (+40 poin) pada kisaran 14440.

Kalangan pelaku pasar nampak tidak terkejut dengan hasil kebijakan yang di putuskan oleh Bank Sentral Jepang (BOJ) setelah bank sentral kembali menahan diri untuk tidak melonggarkan kebijakan moneternya lebih lanjut. BOJ kembali mempertahankan komitmen peningkatan monetary base (anggaran dasar moneter) sebesar ¥60 triliun hingga ¥70 trilliun per tahun. Angka itu sesuai prediksi dan tidak berubah dari pertemuan sebelumnya pada 11 Juni silam. Sehingga pasar pun tidak terlalu merespon laporan tersebut.

Namun demikian sebagian kalangan masih memperhatikan data machinery orders yang positif yang di rilis oleh pemerintah tadi pagi. Sehingga para investor masih cukup berminat mengambil posisi di pasar keuangan meski di tengah penguatan tajam yen hari ini yang berhasil tembus ke bawah level 99 terhadap USD bahkan mendarat di angka 98.27 yen.     

Data machinery orders Jepang di luar perkiraan melonjak tajam hingga 10.5% di bulan Mei dari bulan sebelumnya pada level -8.8%. Lonjakan angka tersebut memberikan sinyal positif bahwa kalangan perusahaan kini tengah memperluas rencana investasinya (ekspansi) seiring dengan membaiknya perekonomian.

Sebagian pasar juga nampak masih termotivasi oleh survei Tankan yang positif dari Bank of Japan yang rilis di awal bulan. Survei tersebut mencerminkan bahwa sektor bisnis semakin berani untuk menambah dan memperluas investasinya di bulan-bulan mendatang. Sehingga kondisi tersebut kini menjadi bagian utama dari rencana pemerintah untuk menempatkan ekonomi terbesar ketiga di dunia ini pada jalur pertumbuhan jangka panjang.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar