Rabu, 18 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Massa Pro-Rusia Gelar Demo di Dua Kota Besar Ukraina

Senin, 7 April 2014 15:25 WIB
Dibaca 507

Monexnews - Meskipun pemerintah pusat telah memutuskan untuk bersekutu dengan Uni Eropa, sebagian warga Ukraina masih menginginkan negaranya untuk 'berteman' dengan Rusia. Aspirasi itu diungkapkan melalui aksi protes hari ini di dua kantor pemerintah daerah.

Sebanyak 200-an demonstran pro-Rusia menggeruduk kantor pemda di kota Donetsk dan Kharkiv. Mereka memaksa masuk dan menaikkan bendera Rusia di halaman kantor. Di Kharkiv, pengunjuk rasa bahkan menyegel kantor pemerintahan dan meminta DPRD mengajukan referendum untuk menentukan nasib negaranya.

Aksi demonstrasi terjadi di tengah peringatan pemerintah Moskow soal keselamatan warga Ukraina dan Rusia pasca penggulingan kekuasaan. Pihak Moskow mengancam akan ikut campur dalam kedaulatan Ukraina apabila nyawa simpatisan dan warganya di wilayah Timur dan Selatan terancam oleh militer nasionalis. Presiden Vladimir Putin bahkan mengecam berdirinya pemerintahan transisi pasca kepergian presiden Viktor Yanukovych dengan sebutan 'tidak sah'. Militer Rusia sempat menginvasi wilayah Crimea pada bulan lalu, dan tidak tertutup kemungkinan mengulangi hal serupa apabila mereka merasa keselamatan warga pro-Rusia tidak terjamin.

Aksi protes pro-Rusia yang terjadi hari ini sesungguhnya tidak terlalu besar jika dibandingkan aksi demonstrasi pasca kepergian Yanukovych akhir Februari lalu. Penyegelan gedung pemda pada demo yang terjadi sekarang merupakan yang pertama kalinya dalam sebulan terakhir. Pemerintah pusat sudah berulangkali menuduh Rusia sebagai biang aksi demo di beberapa kota besar. Pemimpin oposisi yakin kalau Rusia membayar massa guna menciptakan rasa tidak aman di Ukraina. Saat ini presiden sementara Oleksandr Turchynov dikabarkan sudah membatalkan kunjungannya ke Lithuania dan menggelar rapat dengan pejabat militer guna membahas situasi terbaru.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar