Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Meksiko Ambil Alih Posisi Jepang Sebagai Eksportir Mobil No. 2 ke AS

Senin, 14 April 2014 11:25 WIB
Dibaca 1470

Monexnews - Ledakan industri otomotif Meksiko memperoleh batu loncatan setelah berhasil mengambil alih posisi Jepang sebagai eksportir mobil terbesar kedua ke Amerika Serikat dalam tiga bulan terakhir. Negara Amerika Latin tersebut kini dibawah Kanada, namun beberapa ahli mengatakan Meksiko akan merebut tahta Kanada paling cepat pada tahun 2015.

Analis industri otomotif telah memperkirakan Meksiko akan melewati Jepang pada akhir tahun ini, namun Mexican Automobile Industry Association (AMIA) mengatakan hal tersebut terjadi lebih cepat. AMIA melaporkan produksi industri automotif Meksiko pada kuartal pertama sebesar 774.731 unit, naik 6,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dengan menggunakan metode statistik miliknya AIMA mengatakan AS mengimpor 428.376 unit kendaraan buatan Meksiko antara bulan Januari hingga Maret, dibandingkan dengan impor dari Jepang sebanyak 408.405 unit.

Ironisnya, perusahaan otomotif Jepang membantu lonjakan output industri otomotif Meksiko, setelah Nissan, Mazda, dan Honda membangun pabrik baru di negara tersebut. Pada bulan November lalu, Nissan membuka kompleks manufaktur baru senillai $2 miliar, yang dapat meningkatkan output hingga 28% menjadi lebih dari 850.000 unit kendaraan pertahun. Pada bulan Februari Honda meresmikan pabrik perakitan baru senilai $800 juta, di bulan yang sama Mazda juga membuka pabrik senilai $770 juta. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar