Kamis, 19 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Membaik, Pasar Mobil Baru di Wilayah Eropa

Rabu, 16 Oktober 2013 13:48 WIB
Dibaca 576

Monexnews - Jumlah pendaftaran mobil baru di Uni Eropa naik 5.4% pada bulan September 2013, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sebagai parameter industri mobil Eropa, data new car registrations terbaru mencerminkan adanya pemulihan daya beli konsumen pasca lima tahun terpuruk dalam kelesuan.

Daata pendaftaran mobil baru naik 1.16 juta unit, di mana rasio kenaikan terbesar berada di wilayah Eropa Selatan. Walaupun banyak negara masih mengalami krisis ekonomi di kawasan ini, rasio kenaikan kuartal III merupakan yang pertama kali terjadi sejak tahun 2008. Pada bulan Juli lalu, pendaftaran mobil baru sempat naik 4.9% sebelum akhirnya turun lagi 5% di bulan Agustus. Kabar membaiknya daya beli konsumen adalah berita bagus bagi perusahaan-perusahaan otomotif yang pernah hancur di tengah krisis hutang kawasan. Pabrikan seperti General Motors Co, Adam Opel, PSA Peugeot Citroen, Fiat SpA dan Ford Motor Co. diyakini lebih agresif berekspansi di masa depan pasca kerugian yang pernah mereka alami. Sebagian besar dari perusahaan itu melakukan berbagai strategi untuk menyelamatkan bisnisnya dalam lima tahun terakhir, di antaranya dengan menutup pabrik, memangkas jumlah pekerja hingga merumahkan karyawan untuk sementara waktu.

Konsumen dan produsen otomotif zona Euro mengalami masa-masa sulit di tengah krisis hutang kawasan. Di beberapa wilayah, angka penjualan bahkan berkurang karena sebab lain seperti perubahan kebiasaan masyarakat dan penurunan populasi. UNtuk tahun lalu saja, jumlah registrasi mobil baru di area UNi Eropa nyaris seperempat di bawah level tahun 2007. 

Di bulan September ini, jumlah registrasi mobil baru bertambah berkat kenaikan 29% di Spanyol. Sementara rasio kenaikan di Hungaria, Irlandia dan Portugal masing-masing naik 32%, 28% dan 16%. Renault S.A. dan Mercedes-Benz maker Daimler AG menjadi pemimpin kenaikan dengan rasio 22% dan. Sementara jumlah pendaftaran mobil baru merk Fiat dan Citroen turun 3.4% 2.9%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar