Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Menkeu: 2014, Defisit Transaksi Berjalan Diprediksi Menurun

Selasa, 14 Januari 2014 11:18 WIB
Dibaca 403

Monexnews - Menteri Keuangan M. Chatib Basri menilai, kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk tidak menaikkan suku bunga acuannya (BI rate) pada Bulan Januari ini menandakan bahwa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sudah efektif. Hal ini terlihat dari angka defisit transaksi berjalan yang mengalami penurunan, bahkan di tahun ini diprediksi dapat mencapai 2,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

BI rate yang tidak dinaikkan artinya ekspektasi inflasi bisa di-handle di tahun 2014. Mestinyaforecast di transaksi berjalannya sudah baik sekarang, dengan begitu tidak perlu lagi menaikkan interest rate untuk reduce growth, jadi artinya policy yang dibuat untuk transaksi berjalan more or less itu sudah efektif,” demikian disampaikan Menkeu di Jakarta, Jumat (10/1).

Menurut Menkeu, defisit transaksi berjalan pada tahun ini diprediksi dapat berada di bawah 3 persen, bahkan berpotensi menembus 2,5 persen dari PDB. Perbaikan ini dikarenakan adanya peningkatan ekspor yang terlihat sejak Oktober tahun lalu.

Peningkatan ekspor tersebut, lanjutnya, sejalan dengan membaiknya ekonomi Amerika Serikat dan Jepang. Di sisi lain, impor juga mengalami penurunan akibat adanya pengetatan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22, kebijakan Kemudahan Impor Untuk Tujuan Ekspor (KITE), dan kenaikan BI rate di tahun lalu. “Jadi periode konsolidasinya hanya perlu di tahun 2013 kemarin, setengah tahun. Kemudian di tahun 2014 pemerintah baru bisa datang dengan growth lebihstrong,” pungkasnya.(ans)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar