Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Menkeu: Barang Super Mewah Tetap Dikenai PPn-BM

Jumat, 12 Juni 2015 10:54 WIB
Dibaca 1673

Monexnews -  Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro memastikan bahwa barang-barang super mewah tetap dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Menkeu menekankan, barang-barang seperti hunian mewah, kapal pesiar (yacht), pesawat terbang, serta senjata api akan tetap dikenai PPn-BM.

"Barang super mewah tentunya hanya dikonsumsi oleh orang kaya dan mampu beli," jelas Menkeu saat konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta pada Kamis (11/6).

Sementara itu, barang-barang yang dulunya dianggap barang mewah akan dibebaskan PPn-BMnya. Menkeu pun telah menandatangani Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur hal tersebut, dan saat ini tengah diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. "Mulai berlaku sejak tanggal diundangkan. PMK sudah ada. Tinggal proses di Kemenkumham. Kemungkinan minggu depan selesai," katanya.

Barang-barang yang akan dibebaskan PPnBM adalah barang-barang yang saat ini umum dimiliki masyarakat luas, seperti televisi dan air conditioner (AC). "Alat-alat elektronik seperti kulkas, water heater, AC, TV, kamera, kompor, dishwasher, dryer, microwave," paparnya.

Selain itu, termasuk juga alat-alat olah raga (alat-alat pancing, golf, selam, surfing); alat musik (piano, alat musik elektrik); branded goods (wewangian, saddlery and harness, tas, pakaian, arloji); serta peralatan rumah dan kantor (permadani, kaca kristal, kursi, kasur lampu, porselen dan ubin).

Menurut Menkeu, barang-barang tersebut di atas masuk ke dalam kategori penghapusan PPnBM karena biaya pengawasan agar pajaknya tetap dibayarkan lebih tinggi dari angka pajak yang diterima. "Biaya mengawasi lebih tinggi dari penerimaan maka kita hapuskan," pungkas Menkeu. (fin)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*Disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar